REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » TANJUNG KARANG PENGANTIN, AYAH, KEBUMEN. ANTARA MITOS DAN SEMPURNANYA LUKISAN ALAM

TANJUNG KARANG PENGANTIN, AYAH, KEBUMEN. ANTARA MITOS DAN SEMPURNANYA LUKISAN ALAM

Written By Unknown on Saturday, February 11, 2017 | 2/11/2017 06:07:00 AM



TANJUNG KARANG PENGANTIN 
Tanjung Karang Penganten merupakan sebuah tempat yang dibentuk oleh karang yang besar dan merupakan salah satu dari sekian tanjung yang menjorok manis ke Samudera Hindia di Kawasan Karst Gombong Selatan. Ada tanjung lainnya seperti Tanjung Nagasari, Tanjung Karangbata, dan Tanjung Karangbolong. Menempuh perjalanan menuju Karang Penganten berarti harus menyisir tepian bukit karst yang langsung berbatasan dengan lautan luas. Benar kata warga setempat untuk berhati-hati. Pada beberapa titik jalanan cukup terjal dan kalau tidak hati-hati bisa terpeleset.Tampaknya, tak banyak juga warga setempat berladang ke Karang Penganten. Nyatanya, meski pesona Karang Penganten mulai bergaung di wisata petualangan Kebumen, tetap saja belukar cukup menghiasi sepanjang perjalanan. 


Sebelum tiba di Karang Penganten, alangkah afdhalnya menghela napas dulu di mulut Goa Wora-Wari. Sambil beristirahat paska menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan,  goa ini cukup menghadirkan pesona berupa stalagtit-stalagmitnya yang nikmat untuk dipandangi. Menurut keterangan warga, Goa Wora-wari yang berada di tebing ini bisa tembus ke bagian atas bukit. Tibalah lima menit kemudian dari goa wora waridi kawasan Tanjung Karang Pengantin. Tanjung Karang Penganten begitu menjorok yang dihubungkan dengan tebing sempit nan curam.

Lumayan ekstrim untuk di jangkau. Selain keindahan dan kecuramannya, Tanjung karang pengntin juga dipercaya menyimpan sebuah mitos oleh warga sekitar.  Mitosnya yaitu  apabila sepasang kekasih yang hampir menikah atau berencana menikah kemudian berwisata ke Karang Pengantin maka pernikahan mereka akan gagal. Biasanya di tempat tersebut ada warga sekitar yang berkenan menceritakan mitos tersebut. Menurutnya, salah satu tetangga mereka ada yang hampir menikah akan tetapi sang pria mengajak sang wanita untuk pergi ke Karang Pengantin, dan entah mengapa sepasang kekasih tersebut yang hampir menikah gagal melanjutkan ke pernikahannya. Boleh percaya atau tidak, itulah mitos. Bila ingin mencoba pergi berdua dengan pasangan yang aman dari Mitos, cobalah ke Tanjung Karang Bata atau yang lainnya.

Lokasi Karang Pengantin ini berada di Kebumen, tepatnya di sebelah barat Pantai Pasir dan disebelah baratnya lagi Pantai Lampon. Jalan menuju lokasi memang sedikit menegangkan dan butuh pengorbanan tenaga dan kewaspadaan. Jalan yang dilalui ke Karang Pengantin berada di pinggir tebing dan jalannya kecil. Tetapi jangan khawatir, pasti bisa kalian lalui, nyatanya banyak pemancing dan warga yang setiap hari menuju lokasi untuk memancing dan mencari rumput/kayu bakar. Apalagi untuk saat ini, warga masyarakat sekitar mulai membenahi jalan-jalan yang ada agar mudah dilalui. Tanjung Karang Pengantin menjadi satu kawasan wisata yang diberdayakan oleh pemerintah desa Pasir, satu paket dengan pantai Lampon, Goa Wora-wari, Goa Celeng, dll.

disunting dari 'wisata kebumen'

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger