REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » PANTAI PECARON AYAH KEBUMEN, EKSOTISME PERPADUAN PANTAI YANG LUAS DAN TEBING KOKOH NAN ALAMI DI PESISIR LAUT SELATAN

PANTAI PECARON AYAH KEBUMEN, EKSOTISME PERPADUAN PANTAI YANG LUAS DAN TEBING KOKOH NAN ALAMI DI PESISIR LAUT SELATAN

Written By Unknown on Tuesday, January 31, 2017 | 1/31/2017 06:19:00 AM

PANTAI PECARON



Keindahan Pantai Pecaron Kebumen merupakan salah satu ikon wisata baru yang ada di kawasan pantai selatan Kebumen, Jawa Tengah. Destinasi wisata pantai di Kebumen begitu banyak yang tersebar dari mulai kecamatan paling timur bagian selatan. Seperti tempat wisata di Kecamatan Mirit sampai kecamatan paling barat di sebelah selatan yaitu kecamatan Ayah. Hampir semua tempat wisata pantai di sepanjang pantai selatan Kebumen selalu ramai dikunjungi wisatawan atau turis dan pelancong. Apalagi ketika di waktu akhir pekan, libur panjang, liburan sekolah, tahun baru, dan di hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Keindahan pantai Pecaron Kebumen bisa dikenal dan dinikmati oleh masyarakat secara luas. Walaupun wisata ini termasuk masih baru dibandingkan dengan ketenaran laut dan pantai yang lainnya. Seperti pantai Logending, Ayah, Karangbolong, Menganti, Suwuk, Bocor, Rowo, Ambal, Lembupurwo, dan seterusnya. Keberadaan pantai indah ini mulai dikenal pesona dan keindahannya sejak tahun 2014. Bermula ketika melakukan promosi dari mulut ke mulut dan media massa baik secara offline maupun online oleh warga sekitar, pihak pemerhati dan penggerak wisata laut, serta oleh instansi terkait di Kebumen. 

Alamat atau lokasi dari indah ini terletak di desa Srati, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, propinsi Jawa Tengah. Kondisi yang menggambarkan pesona keindahan pantai Pecaron adalah hamparan laut luas dengan gelombang atau ombak yang besar dengan bibir pantai berpasir bersih. Pantai indah di Kebumen tersebut di kelilingi dengan rimbunan pohon kelapa, goa, serta tebing tinggi yang di bawahnya terdapat aliran muara sungai.
Saat menikmati keindahan pantai dan laut Pecaron, para wisatawan dan pelancong bisa sambil menikmati kesegaran minuman khas di kawasan wisata Pecaron yang alami yaitu minum air nira atau badhek. Air nira tersebut adalah air hasil deresan kelapa dari para tukang nderes dari pohon kelapa yang ada di sekeliling pantai andalan di Kebumen ini. Kegiatan menderes atau mengambil air nira (legen atau badhek) dari pohon kelapa dilakukan oleh para penderes atau petani gula di setiap pagi dan sore hari. Sehingga kegiatan mereka tersebut juga bisa menjadi obyek wisata dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi pantai Pecaron. Kita bisa melihat bagaimana proses mengambil air nira (proses nderes) yang ditaruh pada potongan bambu (bumbung). Kita juga bisa ngobrol dan berinteraksi dengan para penderes kelapa. Dan sekaligus kita bisa menikmati kesegaran air nira khas dari pantai Pecaron.
Dalam perkembangannya, untuk semakin meningkatkan jumlah pengunjung dan wisatawan ke pantai Pecaron. Sehingga warga bersama dinas Pemda Kebumen telah membuat beberapa obyek atau wahana wisata di pantai ini. Seperti : fasilitas panjat tebing, lokasi untuk perkemahan, jalur track untuk balap motor trail, lapangan untuk voli pantai, serta fasilitas menarik lainnya. Ke depannya juga sudah direcanakan untuk menambah wahana wisata outbound di sekitar pantai Pecaron. Namun memang masih memerlukan perbaikan sarana jalan atau jalur untuk menuju lokasi pantai Pecaron. Agar akses para wisatawan untuk pergi ke pantai Pecaron akan lebih mudah, aman, dan juga lebih cepat.



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger