REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » TANJUNG KARANG BATA, SPOT ROMANTIS UNTUK MENIKMATI CAKRAWALA SAMUDERA HINDIA

TANJUNG KARANG BATA, SPOT ROMANTIS UNTUK MENIKMATI CAKRAWALA SAMUDERA HINDIA

Written By Unknown on Wednesday, February 01, 2017 | 2/01/2017 06:02:00 AM

TANJUNG KARANGBATA


Tanjung Karang Bata merupakan sebuah fenomena geologi yang unik. Bukit ini mempunyai bentuk persegi enam (hexagonal) yang tersusun dari lava dengan tekstur kekar kolom (Columnar Joint). Adanya lava dengan tekstur kekar kolom ini  merupakan salah satu bukti keberadaan gunung api purba yang terdapat di Dome Karang Bolong Kebumen yang terbentuk sekitar 50 juta tahun lalu. Terletak di timur Pantai Menganti dan masih termasuk dalam wilayah Desa Karang Duwur Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, bukit ini menawarkan panorama yang begitu indah.

Tanjung Karang Bata

Tanjung Karang Bata menghadirkan suasana yang alami dan nyaman. Selain indahnya hamparan samudera biru,tebing batu karang ini juga menyajikan pemandangan yang menarik. Dari tempat ini panorama keindahan tiga pantai sekaligus yaitu Pantai Menganti, Pantai Pecaron serta Pantai Karang Bata dapat dinikmati. Apalagi saat senja datang, bukit ini menyajikan panorama yang sangat indah menawan. Matahari yang perlahan mulai tenggelam di langit yang kemerahan menampilkan suasana yang begitu dramatis sekaligus romantis. Perahu nelayan yang hilir mudik dari Pantai Pasir dan Pantai Menganti juga semakin mempermanis pemandangan. Untuk menikmati suasana dan panorama alam di bukit ini, pengunjung dapat menyewa gubuk-gubuk yang beratap rumbia di pinggir bukit sebagai tempat berteduh yang nyaman. 

Tanjung Karang Bata

Bukit ini berada satu rute dengan Pantai Menganti. Untuk menuju ke lokasi, sebelum mercusuar yang ada di Pantai Menganti pengunjung akan melalui jalan menanjak yang cukup ekstrim. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Atau apabila pengunjung menyukai tantangan, dapat melaluinya dengan kendaraan bermotor atau pun mobil. Setelah itu sampai di area mercusuar, pengunjung akan menuruni bukit ini menuju ke pinggir bukit tempat gubuk-gubuk bertebaran. Di tempat inilah pemandangan yang indah akan dapat dinikmati.

Bukit ini melindungi perbukitan Menganti dari ganasnya terjangan ombak Laut Selatan. Saat ini bukit ini mengalami abrasi yang cukup akut akibat terjangan ombak. Ditambah dengan proses pelapukan alami yang menjadikan kondisinya semakin parah. Sehingga dikhawatirkan bukit ini lama kelamaan akan habis digerus gelombang. Diharapkan adanya progam konservasi dari pemerintah daerah setempat yang bertujuan untuk menjaga, melindungi serta melestarikan tempat yang berpotensi menjadi geowisata yang menarik dan edukatif ini.
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger