REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » HUTAN CEMARA WANAGAMA III, KARANGGADUNG, PETANAHAN, KEBUMEN. MENYEJUKKAN TERIKNYA PANTAI, MENDAMAIKAN GUNDAHNYA HATI

HUTAN CEMARA WANAGAMA III, KARANGGADUNG, PETANAHAN, KEBUMEN. MENYEJUKKAN TERIKNYA PANTAI, MENDAMAIKAN GUNDAHNYA HATI

Written By Unknown on Monday, April 03, 2017 | 4/03/2017 05:50:00 PM

HUTAN CEMARA WANAGAMA III


Hutan Cemara di kawasan pantai Petanahan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur di pantai Petanahan. Namanya “Hutan Cemara Wanagama III (selanjutnya disingkat HCW III)”, yang saat ini telah dijadikan sebagai obyek wisata edukasi hutan. HCW III ini merupakan hutan pohon cemara udang dengan luas sekitar 600 hektar yang telah diresmikan pada tahun 2010 oleh Bpk. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., yang pada saat itu menjabat sebagai menteri kehutanan. Peresmian HCW III ini diprakarsai oleh Fak. Kehutana UGM, dengan tujuan sebagai pendorong inisiatif rehabilitasi pantai yang ada di pulau jawa, terutama yang mempunyai ekosistem serupa (berupa gumukan pasir).

HCW III pada awalnya dirintis dalam skalla laboratorium yakni sebelum th 2007 oleh pihak UGM Yogyakarta. Pohon cemara udang dipilih sebagai salah satu vegetasi tanaman di lokasi ini setelah melihat ketahanannya dalam menahan gempuran tsunsmi sebagaimana terjadi di tepi pantai Cilacap. Selanjutnya, HCW III ini diharapkan bukan hanya dijadikan sebagai teaching forest (hutan pendidikan), tetapi juga hutan penelitian (research forest). Selain itu Hutan Cemara ini diharapkan juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar, meningkatkan perekonomian, serta menjadi pilihan bagi wisatawan pantai yang ingin merasakan sensasi kesejukan di bawah rindangnya pohon cemara.

Kehadiran HCW III ini memang menjadi magnet sekaligus penyejuk tersendiri bagi Pantai Petanahan. Sebelum ada HCW III ini, pantai petanahan adalah sebuah pantai tandus, gersang dan sangat panas, bahkan pasir-pasir di pesisir pantai terasa sangat panas hingga 70 derajat Celcius. Dengan hadirnya HCW III ini, maka imej pantai Petanahan yang panas tidaklah lagi terdengar. Pesisir pantai kini terasa sejuk, nuansa alam dan sepoy angin yang sangat nyaman untuk bersantai bersama teman maupun keluarga atau pasangan. Pohon-pohon cemara udang yang ditanam kini mulai rindang. Daun-daun dan rantingya mulai mengembang dan merapat. Burung-burung bernyanyi riang di tengah hutan cemara, seolah ingin menghibur pengunjung yang mendatanginya. Tidak ada ruginya bagi anda yang ingin menikmati sensasi berada di tengah hutan cemara. Kesejukan dan romantisme alam akan menghilangkan sejenak beban hidup yang anda rasakan. Selamat mencoba berlibur di Hutan Cemara Wanagama III Petanahan.
#wonderfullkebumen
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger