REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » PANTAI PETANAHAN, KARANGGADUNG, PETANAHAN, KEBUMEN. PESONA KEINDAHAN LAUT LEPAS TANPA BATAS, HATI PUAS HIDUP PUN TERASA BEBAS

PANTAI PETANAHAN, KARANGGADUNG, PETANAHAN, KEBUMEN. PESONA KEINDAHAN LAUT LEPAS TANPA BATAS, HATI PUAS HIDUP PUN TERASA BEBAS

Written By Unknown on Sunday, April 02, 2017 | 4/02/2017 06:56:00 PM

PANTAI PETANAHAN

Pantai Petanahan merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Kebumen yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh para penikmat wisata. Obyek wisata Pantai Petanahan memang mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dijumpai di tempat wisata lain. Pengunjung yang berwisata tidak hanya datang dari wilayah Kebumen saja, tetapi juga berasal dari daerah lain, seperti Banyumas, Purwokerto, Cilacap, dan lain-lain, termasuk dari luar Jawa Tengah.
Pantai Petanahan ini terletak di Desa Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen. Pantai ini memikat para wisatawan yang datang dengan hempasan ombak di laut saling berkejaran. Oleh karenanya, meskipun terik matahari terasa menyengat namun tidak serta merta menyurutkan para wisatawan untuk menikmati hamparan luas pantai petanahan ini. Ya, pantai ini memang sangat luas. Para wisatawan yang mengunjungi pantai ini dapat dengan leluasa menikmati indahnya laut selatan yang seolah-olah tiada batasnya. Para pengunjung juga akan tersihir oleh deburan suara ombak yang merdu, juga angin sepoy-sepoy yang menyejukkan hati. Bukan hanya ombak, para wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan di sekitar pantai, dimana pada sekeliling pantai ditumbuhi pohon cemara udang dan juga pohan-pohon pandan yang hijau. Pengunjung juga dapat duduk sambil bersantai atau sekadar bercanda gurau dengan pasangan, teman, maupun keluarga tercinta di pinggiran pantai sambil menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini.

Selain tempatnya yang indah, pantai petanahan ini juga kental dengan nuansa mitos ataupun cerita legenda sebagai bumbu pelengkap keindahannya. Sebelum dinamai sebagai Pantai Petanahan, pantai ini pada awalnya bernama Pantai Karanggadung. Berdasarkan cerita legenda masyarakat sekitar, konon dahulu terdapat seorang istri yakni Dewi Sulastri. Dewi Sulastri merupakan istri Raden Sujono, seorang abdi Pucung Kembar. Saat Raden Sujono bertugas, Dewi Sulastri diculik oleh Jaka Puring, yang sebelumnya dulu pernah jatuh cinta kepada Dewi Sulastri. Dewi Sulastri dibawa oleh Jaka puring hingga ke pantai Karanggadung yang sekarang menjadi Pantai Petanahan, untuk dijadikan istri oleh Jaka Puring. Namun Dewi Sulastri tetap tidak mau, hingga akhirnya Dewi Sulastri diselamakan oleh suaminya, yakni Raden Sujono. Kisah ini dijadikan sebagai simbol kesetiaan oleh masyarakat yang percaya.
Untuk menuju Pantai Petanahan ini, pengunjung bisa melewati Jalur/Jalan Lintas Selatan Jawa Tengah, tepatnya melalui jalan Karanganyar, maka dari pertigaan Sruweng-Guyangan berbelok ke selatan sampai di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, dengan jarak kurang lebih 12 km.
#wonderfullkebumen
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger