REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » CURUG SAWANGAN, KARANGDUWUR, AYAH, KEBUMEN. KEPINGAN SURGA TERSEMBUNYI NAN ALAMI DI PESISIR SAMUDERA HINDIA

CURUG SAWANGAN, KARANGDUWUR, AYAH, KEBUMEN. KEPINGAN SURGA TERSEMBUNYI NAN ALAMI DI PESISIR SAMUDERA HINDIA

Written By Unknown on Saturday, January 28, 2017 | 1/28/2017 06:14:00 AM

 CURUG SAWANGAN

Air Terjun atau Curug Sawangan terletak di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. Air terjun Sawangan menjadi salah satu dari sekian banyak keajauban alam yang ada di Kabupaten Kebumen. Memiliki ketinggian lebih dari limaratus meter, curug ini berjarak sekitar 150 meter dari bibir pantai selatan. Tentu hal ini yang menjadi keunikan tersendiri, karena menjadi sebuah perpaduan yang harmonis antara panorama air terjun dan laut selatan. Air yang mengalir pada bidang curug ini berasal dari mata air di dalam goa surupan. Pada saat musim penghujan, air terjun ini akan terlihat lebih indah karena air yang mengalir dari dalam goa surupan menjadi deras. Karena letaknya di daerah terpencil, air terjun sawangan laksana surga ibarat surga kecil yang tersembunyi. 

Untuk saat ini, keberadaan curug sawangan sebagai objek wisata masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Atas inisiatif masyarakat, mereka membuat jalan setapak sekadarnya, agar lokasi curug sawangan dapat dijangkau oleh para pecinta alam.Konsep yang mereka buat adalah paket "sawangan adventure", dengan menggabungkan potensi alam yang berada satu tempat dengan curug sawangan, yakni meliputi goa siwowo, bukit samber angin, pantai sawangan, curug sawangan, dll. Benar-benar tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi para pecinta alam, wonderfuller kebumen.

Fasilitas yang ada di curug sawangan belum cukup memadai, karena potensi wisata curug sawangan ini memang belum lama dikembangkan. Namun spot-spot yang ditawarkan di sekitar curug sawangan ini sangat menarik. Anda bisa merasakan kesegaran air terjun dengan langsung berda di bawah tetesan derasnya air. Terasa seperti dipijat-pijat, menjadikan kepuasan dan sensasi tersendiri yang patut untuk dicoba. Dari lokasi curug sawangan ini, anda juga sekaligus akan disuguhkan dengan pemandangan alam bebas berupa samudera hindia, termasuk kilauan emas sunset nya di kala senja. Nuansa yang sangat romantis, terlebih jika anda datang bersama orang terkasih. Untuk menuju ke lokasi, anda dapat melewati jalan yang searah dengan pantai Logendhing. Dari pantai Logendhing tinggal melanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Desa Karangduwur. Sebelum pertigaan menuju pantai menganti, ada plang bertuliskan sawangan adventur di sebelah kanan, anda masuk ke lorong tersebut dan menuruni jalan. Selamat berlibur dan tetap berhati-hati wonderfuller!
#wonderfullkebumen
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger