REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » TEROWONGAN IJO NINGGAL CERITO. MENGENANG JASA KORBAN KERJA PAKSA RODI DI TEROWONGAN IJO, ROWOKELE, KEBUMEN.

TEROWONGAN IJO NINGGAL CERITO. MENGENANG JASA KORBAN KERJA PAKSA RODI DI TEROWONGAN IJO, ROWOKELE, KEBUMEN.

Written By Unknown on Thursday, March 02, 2017 | 3/02/2017 11:38:00 AM

TEROWONGAN IJO




Terowongan ijo merupakan terowongan yang memiliki panjang 580 meter yang terletak di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Terowongan ijo dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Yogyakarta-Maos. Jalur kereta api rute Yogyakarta-Maos dibangun pada tahun 1887. Terowongan Ijo termasuk salah satu terowongan yang paling sering dilintasi kereta api, Terowongan Ijo pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Kereta Api Terakhir dan Daun di Atas Bantal

Terowongan Ijo dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) pada tahun 1885 - 1886. Pembangunan terowongan ini telah menelan banyak korban jiwa karena dilakukan dengan sistem kerja paksa. Bentuk muka terowongan ini memiliki keunikan yaitu dinding luar yang tidak rata karena dinding luarnya tersusun dari batu kali yang tertata rapi dan kokoh. Ornamen mendatar di atas muka terowongan dibuat khas yaitu bergerigi dengan lekukan setengah lingkaran. Walaupun usia terowongan sudah tua namun konstruksinya masih kokoh. Kondisi alam di sekitar terowongan bernuansa pedesaan. Tidak jauh di sebelah barat dari terowongan Ijo, terdapat stasiun Ijo. Selain berfungsi sebagai stasiun, stasiun Ijo juga berfungsi sebagai pengawas terowongan Ijo.
 
Terowongan ini dikelola oleh Daerah Operasi V Purwokerto dan dijaga oleh petugas jaga terowongan (PJTW) di samping mulut terowongan. Terowongan ini menjadi pilihan bagi railfans yang berburu kereta api masuk dan keluar terowongan. Namun dengan adanya rencana pembangunan jalur ganda rute Kroya - Kutoarjo, terowongan Ijo kemungkinan akan dinonaktifkan karena rute baru untuk jalur ganda Kroya - Kutoarjo akan dibangun di samping terowongan Ijo dengan membelah bukit. Kendti demikian, Terowongan Ijo akan tetap dikenang dan dipertahankan walaupun nanti sudah tidak dilalui kereta api lagi dan dijadikan cagar budaya, untuk mengenang perjuangan rakyat pribumi yang menjadi korban kerja paksa.

Sumber: wikipedia dll.
Share this article :

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger