REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » GOA SURUPAN, ARGOPENI, AYAH, KEBUMEN. MENYUSURI INDAHNYA SUNGAI BAWAH TANAH YANG MENAKJUBKAN

GOA SURUPAN, ARGOPENI, AYAH, KEBUMEN. MENYUSURI INDAHNYA SUNGAI BAWAH TANAH YANG MENAKJUBKAN

Written By Unknown on Thursday, January 26, 2017 | 1/26/2017 05:44:00 AM

GOA SURUPAN

Kabupaten Kebumen memang dianugerahi bentangan alam yang sangat luar biasa oleh Tuhan. Semuanya mempunyai potensi yang harus dikembangkan dan dilestarikan oleh masyarakatnya. Bentangan alam Kebumen bagian barat daya berupa pegunungan karst dan pesesir pantai, menyimpan potensi bernilai tinggi. Karst yang oleh sebagian masyarakat dikenal sebagai lahan gersang, ternyata memiliki kemampuan yang hebat dalam menyimpan mata air, sehingga wajar di daerah ini tidak pernah ada kekurangan air bersih. Karst ini juga menyimpan keindahan alam berupa air terjun, tebing, bukit, dan goa-goa yang indah. Salah satunya adalah goa surupan yang terletak di desa Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen. Goa surupan ini sudah cukup dikenal oleh kalangan para peneliti maupun pecinta alam goa dari dalam negeri maupun mancanegara. Goa surupan ini meliputi dua desa, yakni Desa Argopeni dan Desa Karangduwur.

Goa Surupan ini mempunyai keindahan berupa ornamen stalaktit dan stalakmit yang sangat memukau. Di dalam goa ini juga menjadi habitat satwa-satwa khas goa, seperti kelelawar, lawet, serwiti, udang, pelus, bahkan kura-kura. Bagi pengunjung yang beruntung dapat menjumpai satwa-satwa tersebut. Goa surupan ini memiliki sungai bawah tanah yang cukup deras airnya, juga beberapa kedung yang lumayan dalam, sehingga mengharuskan para  pengunjung untuk menyediakan pelampung. Ada juga beberapa air terjun kecil di dalam goa melengkapi surga bawah tanah yang masih jarang dijamah manusia ini. Total panjang goa ini kurang lebih 500 m, dengan tinggi lubang rata-rata 10 m. Penelusur dapat berjalan sesekali harus merunduk dan berenang di dalam goa surupan ini.

Aliran air di dalam goa surupan ini mengalir melewati sungai bawah tanah yang berujung di sebuah air terjun yang menghadap ke laut selatan. Air terjun ini nantinya berada di Desa Karangduwur, dengan ketinngian sekitar 30 m. Air terjun ini dikenal dengan nama air terjun sawangan. Aliran air dari airt terjun sawangan ini nantinya akan bermuara di pantai selatan. Benar-benar  bentangan alam yang menakjubkan di Kebumen bagian barat daya ini. Pastinya sangat seru menelusuri goa surupan ini. Selamat mencoba dan berhati-hati!
#wonderfullkebumen
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger