REFERENSI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN

Home » » PANTAI TEGALRETNO, PETANAHAN, KEBUMEN. PANTAI BERSAHAJA, MENYIMPAN KEINDAHAN DAN MENJAGA KEARIFAN LOKAL

PANTAI TEGALRETNO, PETANAHAN, KEBUMEN. PANTAI BERSAHAJA, MENYIMPAN KEINDAHAN DAN MENJAGA KEARIFAN LOKAL

Written By Unknown on Friday, April 14, 2017 | 4/14/2017 05:24:00 PM

PANTAI TEGALRETNO

Pantai Tegalretno yang berada di Ds. Tegalretno, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen merupakan salah satu obyek wisata pantai di pesisir selatan Samudera Hindia dengan panorama yang asri dan sangat menawan. Letaknya tidak begitu jauh dari Pantai Petanahan, hanya berjarak sekitar 2 km. Sejak beberapa waktu terakhir, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Perpaduan antara bibir pantai yang bersih dengan deburan ombak samudera hindia menjadi eksotisme bentangan alam yang patut untuk dinikmati keindahannya. Makin lengkap dengan aksesoris tambahan berupa rimbunnya taman bakau, laguna sungai buntu, gumuk pasir dengan anekaragam tanaman khasnya, serta hamparan padang rerumputan yang berada di tepi pantai menambah nuansa romantis para penikmat alam. Aktivitas para nelayan juga menambah suasana hangat, dimana mereka dengan gigih bekerja namun tetap ramah menyambut para wisatawan yang datang.
Diantara beberapa pantai yang berada di dekatnya, Pantai Tegalretno memiliki keunikan tersendiri terutama pada warna pasir. Pada umumnya, pantai yang berada di pesesir selatan mempunyai warna hitam pekat, tetapi di pantai Tegalretno ini pasirnya berwarna coklat bersih. Bibir pantai juga tergolong cukup landai dan luas, sangat cocok untuk sekadar berjalan santai atau berolahraga. Gemuruh ombak khas pantai selatan saling bersaut ditemani angin yang sepoy-sepoy memberikan suasana yang nyaman dan sejuk bagi para wisatawan. Sementara itu, di bagian utara bibir pantai tegal retno sudah berjajar pohon cemara, seakan melambaikan tangan memanggil wisatawan yang ingin berteduh.
Puas menikmati keindahan samudera hindia di bibir pantai, pengunjung masih dapat dimanjakan lagi dengan mengelilingi keindahan sungai Buntu yang berada di kawasan pantai Tegalretno ini. Pengunjung dapat mengelilinginya dengan menggunakan perahu yang memang disediakan untuk mengangkut wisatawan. Pengunjung juga dapat menikmati eloknya rawa-rawa di sekitar pantai melalui gundukan pasir. Ketika senja tiba, pemandangan akan terlihat lebih indah lagi, yakni saat matahari mulai sembunyi di ufuk barat. Mega berwarna jingga keemasan menantar terbenamnya mentari, dihiasi perahu nelayan dan para pemancing yang datang untuk mencari rezeki. Nuansa yang begitu indah dan romantis. Sementara itu, Pantai Tegalretno ini juga merupakan pantai yang dijadikan sebagai tempat ritual larung, sebagai puncak acara sedekah laut di segara kidul setiap bulan suro atau muharram. Sangat menarik untuk Wonderfuller kunjungi.
#wonderfullkebumen 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

JENIS WISATA

Total Pageviews

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DESTINASI WISATA KEBUMEN KEREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger